Kamis, 02 Maret 2017

01.27
CARA PASANG SSL HTTPS GRATIS DARI CLOUDFLARE – Tutorial Setting SSL Gratis Selamanya https dari cloudflare untuk blogger blogspot dan wordpress self hosting. SSL (Secured Socket Layer) itu sendiri adalah sebuah sistem keamanan yang berfungsi untuk meng-enkripsi transmisi data sehingga segala bentuk aktivitas yang telah menggunakan fitur ini bisa terjamin keamanannya. Tidak hanya itu saja dengan memasang https, visitor jadi lebih percaya bahwa situs kita aman untuk diakses terutama bagi situs jual beli online dan proses login data.
Cara Pasang Universal SSL CloudFlare
Cara Pasang Universal SSL CloudFlare
SSL Free ini berlaku untuk selamanya meskipun masih menggunakan fitur cdn yang free fitur ini diberikan secara gratis. Dengan mangusung SPDY protocol, ssl cloudflare ini digadang bisa mempercepat transfer web karena program open networking protocol yang dibangun oleh google ini membutuhkan koneksi https agar bisa support SPDY.

CARA MEMASANG SSL CLOUDFLARE

1. Untuk langkah awal silahkan baca CARA SETTING DAN PASANG CDN CLOUDFLARE GRATIS
2. Setelah selesai melakukan proses diatas masuk ke menu Website > Cloudflare Setting (klik tanda gerigi).
3. Pada Pilihan Setting Overview  > SSL > Pilih Flexible SSL, pada menu tampilan baru  setelah memilih webiste langsung pilih menu Crypto > SSL > Flexible.
Pilihan Flexibel SSL Cloudflare
Pilihan Flexibel SSL Cloudflare
Cara Pasang SSL HTTPS Gratis Dari Cloudflare Tampilan Baru
Cara Pasang SSL HTTPS Gratis Dari Cloudflare Tampilan Baru
4. Tunggu sampai fitur ssl berhasil diaktifkan lamanya sekitar 24jam.
5. Setelah aktif, langkah selanjutnya adalah me-redirect semua akses blog ke jalur https dengan menggunakan fitur Page Rules yang ada pada  menu ditanda gerigi. Atur dengan menggunakan *.domainkamu.com/* lalu klik Always use https ON, maka otomatis akan muncul settingan seperti gambar berikut ini. Jika kamu Pengguna WordPress Self Hosting alangkah baiknya jika mengikuti tutorial Cara Settingan Pagerules WordPress Untuk Mengatasi Wp Admin Error Setelah Pasang SSL Cloudflare.
Force Https Page Rule SSL CloudFlare
Force Https Page Rule SSL CloudFlare
6. Untuk WordPress Silahkan Install Plugin CloudFlare dan atur plugin sesuai dengan data yang ada pada https://www.cloudflare.com/my-account . Jangan lupa untuk menyesuaikan nama domain sesuai dengan yang dipasang cdn cloudflare.
setting plugin cloudflare
setting plugin cloudflare
7. Masuk  ke Dashboard > Setting > General Setting, atur jalur https hanya pada bagian site address seperti pada gambar dibawah ini
Pengaturan Https di General Setting WordPress
Pengaturan Https di General Setting WordPress
8. Selamat anda telah memasang SSL gratis Cloudflare, untuk settingan blogger / blogspot custom domain umumnya tidak memerlukan pengaturan lebih lanjut karena admin mempost artikel dari blogger, tetapi untuk wordpress dibutuhkan settingan lebih lanjut agar bisa masuk dashboard wp admin dengan lancar.

HAL HAL YANG TERJADI SETELAH PASANG SSL HTTPS CLUDFLARE

– Sebagian isi widget akan hilang / tidak mucul meliputi: histats, alexa widget.
– Mixture Content PadLock gembok https terdapat tanda segitiga kuning karena halaman tersebut masih terdapat konten yang diakes melalui jalur http.
– Gagal login dan masuk admin panel hal ini bisa dimungkinkan karena server cdn belum mencover atau halaman login dan wp-admin.

Demikian petunjuk CARA PASANG SSL HTTPS GRATIS DARI CLOUDFLARE secara umum yang bisa diaplikasikan ke blogger ataupun wordpress agar blog terpasang https sebuah fitur universal ssl free dari cloudflare. Semoga bisa bermanfaat dan sobat bisa mengikuti tutorialnya dengan mudah, apabila ada pertanyaan atau kendala silahkan isi form komentar yang ada dibawah ini sehingga bisa kita diskusikan secara lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar