Minggu, 02 April 2017

06.40


Dimulai saat mengerjakan tugas-tugas kuliah yang membutuhkan banyak referensi—termasuk referensi yang sekarang lebih banyak menggunakan bahasa inggris, kemudian menyadari kemampuan bahasa inggris yang nggak terlalu baik, gue jelas salah satu orang sangat membutuhkan translator. Apalagi dokumen yang berbahasa inggris high level…yah.
Alat translator yang paling terkenal adalah Google Translate, dulu mungkin gak masalah untuk mentranslate bahasa ke Google Translate kalau hanya beberapa kalimat atau satu lembar tulisan. Tapi gimana kalau satu buku? Kan gak mungkin kita copas semuanya di Google Translate untuk dapat terjemahannya. Nah ternyata Google juga udah menyediakan alat ini, kali ini gue bakal ngasih tau translator dukumen lewat Google Drive. Yuk manfaatkan akun gmail lo sebaik mungkin. Google Drive bukan hanya bisa menyimpan file, tapi bisa juga mengedit dokumen. Salah satunya mentranslate.

Hal pertama yang lo lakukan pasti buka dulu akun gmailnya, terus masuk ke google drive.
1

Setelah masuk ke google drive, langsung upload file yang mau lo translate. Lo bisa buat folder baru kalo mau menggabungkan data lo ke data yang lain, atau langsung upload new file. Drag file yang mau lo translate ke google drive. Tunggu uploadnya selesai.
3

Kalau sudah selesai diupload, klik kanan lalu klik Open With. Kemudian klik Google Docs.
4

Setelah dokumennya kebuka, klik Tool di toolbar atas. Pilih Translate Document.
5

Tinggal pilih dokumen lo mau diterjemahin ke bahasa apa. Misalnya gue mau translate ke Bahasa Indonesia.
6


Ini tampilan dokumen yang sudah ditranslate. Tinggal lo save, caranya klik File terus klik Download. Pilih deh jenis formatnya, mau ke PDF atau ke Word, dan lain-lain.
7

8

Nah dokumen lo sudah selesai di translate. Gak perlu lo kopas semua datu buku ke Google Translate. Tapi tetap aja alat translator kaya gini gramaticalnya kurang bagus. Pasti pusing baca terjemahan yang gak tertata. Jadi ya bisa lah lo perbaikin dikit. Untuk translate dokumen juga bisa gak lewat google drive kok. Biasanya yang suka translate lewat google drive biar sekalian simpan dokumennya. Tapi kalo gak perlu lo simpan ke google drive, lo bisa gunain Google Translate.

Caranya lo masuk ke https://translate.google.com/ terus klik Translate Dokumen di bawah kotak translate.
9
Kemudian lo pilih dokumennya dengan klik Browse.
10

Setelah dokumennya sudah dipilih, lo bisa pilih bahasa apa untuk terjemahannya, lalu lo tinggal klik Translate.

11

Nah ini dokumen yang sudah di translate di Google Translate. Beda ya? Dan gak bisa di save ke format PDF atau yang lain. Paling lo save halaman htmlnya. Jadi mending pake Google Drive, lol. Oke deh selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar