Senin, 05 Juni 2017

08.29
WordPress Lambat ? – Baru-baru ini saya pindahkan 3 hosting saya dari server indonesia ke server luar negeri (US), maksud hati biar dekat sama servernya mba google jadi si mbah mampirnya gak perlu jauh-jauh dari amrik ke indo hehe…
Well, singkat cerita saya buka tiket support dan request untuk migrating seluruh data saya. Prosesnya cukup cepat, dan masuk email bahwa website saya sudah sukses dipindahkan.
3 Hosting itu saya gunakan untuk hosting 3 situs yang semuanya menggunakan open source dari wordpress.
Hati berbunga-bunga, berdoa semogga crawl dari google bot berjalan makin lancar, dan berharap semakin sering nongkrong di peringkat satu hasil pencarian untuk keyword yang sudah teroptimasi. Sayangnya, semua itu tidak berjalan mulus. *ngenggg*
Website WordPress saya loadingnya jadi lambat. Sering ada delay sekita 15-30 detik bahkan lebih dan request time out (gak konek). Sempat bolak balik melakukan ping koneksi ke server luar negeri, dan hasilnya stabil. Gak ada masalah, berarti bukan masalah koneksi. Sempat curiga apa mungkin RAM provider hostingnya yang udah kecekik banget ? Sudah beberapa kali menghubungi teknikal support, tapi jawaban mereka adalah apache, koneksi, dan lain-lain sedang tidak overload alias normal.
Duhh.. trus gimana ? Pusinglah saya bingung cari tahu apa yang jadi masalah. Sampai bela-belain record video screen saya pada saat testing koneksi, loading page dan lain2, buat barang bukti ke provider hosting, tapi tetap saja jawabannya sama.
Akhirnya suatu malam, sunyi senyap dapat ilham. Mulai mencurigai, kok buka backend dan halaman situs front page suka lemot. Apakah mungkin eksekusi script PHPnya lambat ? Kalau ya berarti bisa jadi RAM dia yang kena.. tapi gak mungkin juga..
Akhirnya coba buat 1 file baru test.php dan langsung saya coba buka, ternyata sangat kenceng.. gak ada masalah.. Hmm berarti wordpress ada yang salah nih.. Mati’in deh satu-satu plugin yang ke install.. tapi tetap masih aja rada lemott..
Sampai akhirnya baca sana-sini kenapa website yang menggunakan engine wordpress lambat banget pas dibuka, jawabannya bervariasi, banyak yang blame hosting provider nya, namun ada juga yang memberikan rujukan ke dokumentasi engine wordpress..
Setelah baca-baca untuk meningkatkan performance website, ada 1 tips yang cukup menarik perhatian saya. Yaitu menambah jumlah memory menjadi 64M.. Loh bukannya wordpress gak langsung set default segitu pas di install ?
Cobalah saya melakukan itu.. Bagaimana caranya ?
  1. Masuk ke root tempat kamu upload folder wordpress.
  2. Cari file wp-config.php
  3. Tambahkan define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ’64M’); paling atas. Ingat ya, harus tetap di dalam pembuka php <?php
  4. Kemudian save.
Setelah saya tambahkan sebaris syntax itu dan mengaktifkan kembali plugin2 yang tadi saya matikan ternyataaaa… BERHASILL.. saya terapkan ke website lain yang juga menggunakan wordpress dan betul saja ini berhasil! Yay!
Padahal sempat udah marah-marah ke providernya. Lah sapa suruh juga Technical Support gak ngerti ? hehehe..

Well, ini kasus yang cukup bikin stress dan pusing, semoga tips di atas dapat membantu teman-teman yang sedang mencari solusi mengapa website wordpress lambat saat di akses oleh kamu.

0 komentar:

Posting Komentar