APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) telah mengumumkan hasil survei Data Statistik Pengguna Internet Indonesia tahun 2016. Berikut adalah rinciannya:
Data Pengguna Internet Indonesia tahun 2016

Jumlah pengguna Internet di Indonesia tahun 2016 adalah 132,7 juta user atau sekitar 51,5% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Pengguna internet terbanyak ada di pulau Jawa dengan total pengguna 86.339.350 user atau sekitar 65% dari total penggunan Internet. Jika dibandingkan penggunana Internet Indonesia pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta user, maka terjadi kenaikkan sebesar 44,6 juta dalam waktu 2 tahun (2014 – 2016). Tentu data / fakta ini menggembirakan, terutama bagi para pengusaha atau pemilik toko online.
Data Pengguna Internet berdasarkan Usia

Pengguna internet berdasarkan usia, pengguna terbanyak adalah usia 35-44 tahunsebesar 29,2%. Sedangkan pengguna paling sedikit adalah usia 55 tahun ke atashanya sebesar 10%.
Data Pengguna Internet berdasarkan Pekerjaan

Pengguna internet terbanyak berprofesi sebagai Pekerja / Wiraswasta sebesar 82,2 juta atau 62%. Urutan pengguna internet berikutnya berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) sebesar 22 juta atau 16,6%.
Data Perilaku Pengguna Internet
Berdasarkan Konten yang Dikunjungi

Berdasarkan konten yang paling sering dijunjungi, pengguna internet paling sering mengunjungi web onlineshop sebesar 82,2 juta atau 62%. Dan konten social mediayang paling banyak dikujungi adalah Facebook sebesar 71,6 juta pengguna atau 54% dan urutan kedua adalah Instagram sebesar 19,9 juta pengguna atau 15%.
Berdasarkan Jenis Perangkat Yang Dipakai

Paling banyak pengguna internet menggunakan perangkat mobile (smartphone) sebesar 63,1 juta atau sekitar 47,6%.
Berdasarkan Jenis Perangkat dan Jenis Internet Browser yang digunakan saat Browsing

Saat melakukan browsing, pengguna internet paling banyak menggunakan perangkat mobile (smartphone) sebesar 89,9 juta atau 67,8%. Tentu ini harus menjadi perhatian para pemilik website agar membuat website yang mobile friendly atau responsive. Sedangkan browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome sebesar 66,6%. Ini tentu bisa dipahami karena sebagian besar smartphone menggunakan operating system Android milik Google.
Data-data statistik ini menjadi sangat penting bagi pebisnis, pengusaha atau para pemilik jualan online untuk menetukan target calon konsumennya.
0 komentar:
Posting Komentar